Cari Tahu Disini yang Membuat Lumpia Semarang Terkenal!

Sunday, May 24, 2020


Berlibur ke sebuah tempat wisata baru dengan banyak destinasi merupakan sesuatu yang baik. Apalagi jika tempat tersebut memiliki banyak wisata kuliner yang menarik dan enak serta populer. Wah, dapat bonus banyak sekaligus pasti kan? Seperti kota Semarang yang dikenal dengan lumpia Semarang serta banyak tempat wisata dan kulinernya ini. Namun, tahukah kamu apa yang membuat lumpia terkenal?

Cari Tahu Disini yang Membuat Lumpia Semarang Terkenal!

Alasan Dibalik Terkenalnya Lumpia Semarang
Jajanan khas Ssemarang yang terbuat dari campuran rebung dan ayam manis dan dibalut dengan kulit kering bernama lumpia Semarang ini banyak dikenal dari berbagai penjuru Indonesia. Beberapa alasan mengapa bisa terkenal adalah sebagai berikut.


1. Rasa Dari Lumpia Semarang
Indonesia yang istimewa karena memiliki banyak sekali rempah-rempah dan bumbu dapur menjadi salah satu alasan dari terkenalnya lumpia Semarang. Makanan ini bukan semata-mata terkenal secara sembarang, namun karena cita rasa yang sangat menarik dan lezat di banyak lidah para wisatawan domestik sampai mancanegara. Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang merindukan rasa dari lumpia ini loh.

Kulit tahu yang renyah, serta isiannya yang gurih dari campuran rebung dan manisnya ayam menambah keseleraan ketika mencium aroma dari makanan ini. Mungkin aromanya yang cukup menyengat membuat rasa penasaran siapa saja yang lewat ketika dimasak.

2. Sejarah Lumpia Semarang
Nah, sejarah panjang yang ditempuh sampai saat ini menjadi sangat terkenal di banyak wisatawan tentu menjadi hal yang tak kalah penting dari cita rasa lumpia Semarang bukan? Tahukah kamu bahwa makanan ikonik kota Semarang ini ternyata bersumber dari lidah orang Indonesia dan Tionghoa? Sebagaimana kita ketahui bahwa penduduk Semarang masih banyak dari keturunan Tionghoa?

Salah satu pasangan suami istri yang memiliki keturunan Tionghoa dan Indonesia yang menetap di Semarang, Indonesia berhasil membuat lumpia yang enak dan bisa dinikmati banyak orang. Awalnya seorang keturunan Tionghoa membuat makanan dengan campuran rebung dan daging babi yang banyak disukai oleh peranakan China. Kemudian ia memiliki saingan dengan membuat makanan yang hampir sama.

Makanan yang dibuat oleh keturunan Indonesia ini berisi orak arik ayam, udang, dan telur. Akhirnya lambat laun kedua orang ini berteman dekat dan menikah sehingga dapat membuat resep baru yaitu lumpia Semarang.

3. Bahan Yang Unik
Banyak yang bertanya-tanya soal aroma menyenggat dari lumpia. Ternyata aroma tersebut datang dari bahan yang cukup unik dan jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu rebung. Kelangkaan serta sulitnya cara membuat rebung yang enak menjadi nilai tambah dari sebuah lumpia Semarang dalam menarik rasa penasaran para wisatawan.

Ketiga alasan tersebut tentu saja juga dirasakan oleh banyak wisatawan Indonesia dan mengakui kebenarannya. Akhirnya ini lah yang membuat semakin banyak penjual lumpia Semarang di berbagai penjuru kota Semarang.

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2014. asafsdg22. Powered by Blogger.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper
Creative Commons License